Menteri Pariwisata Berikan Apresiasi Kepada Media Lewat APWI 2017

0
39

Infobisnis.id – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan Apresiasi kepada 25 awak media (wartawan cetak, elekronik, online, televisi dan blogger) yang membuat pemberitaan seputar Pariwisata Indonesia. Apresiasi tersebut diberikan dalam acara Penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI).

Arief Yahya mengatakan para pemenang tahun ini adalah mereka yang membuat pemberitaan dengan mengangkat tema seputar Pesona 10 Destinasi Pariwisata Prioritas sebagai Bali Baru.

Arief Yahya berharap ajang APWI yang digelar setiap tahunnya bisa memotivasi para awak media membuat karya tulisan atau tayangan program televisi yang menginformasi tentang berbagai event atau atraksi, amenitas maupun aksesibilitas yang mendukung daya saing destinasi pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

“Media sebagai komponen Pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah, dan media) mempunyai peran strategis dalam memajukan kepariwisataan nasional. Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh peran serta dan dukungan dari semua elemen, terutama peran media dalam menyebarkan informasi kepada wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya kepada redaksi di Gedung sapta Pesona Senin (11/12) tadi siang.

Menurutnya, dengan Informasi yang obyektif, faktual dan aktual yang disampaikan media seputar pariwisata Indonesia menjadi promosi yang efektif dan mendorong minat wisatawan melakukan perjalanan wisata di Tanah Air atau pun dapat mengundang minat para turis asing datang ke Indonesia.

Arief Yahya pada kesempatan ini menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang APWI 2017. Dan kepada para peserta yang belum berhasil, lanjutnya, berharap tetap semangat untuk ikut dalam APWI pada tahun mendatang.

Penyelenggaraan APWI ke-13 tahun ini menggunakan format berbeda dari penyelenggaraan pada tahun sebelumnya. Karya para peserta yang dilombakan tidak diambil dari hasil koleksi monitoring pemberitaan, melainkan dari peserta sendiri yang aktif mengirimkan karyanya dalam bentuk bukti tulisan atau tayangan televisi dalam periode Januari hingga September 2017.

Sebanyak 187 tulisan dan bukti tayang menjadi peserta. Kategori Media Surat Kabar, Majalah, Media On Line, Blogger dan Televisi yang masuk ke meja panitia dilakukan seleksi sesuai tema APWI dan yang lolos seleksi sebanyak 106, untuk dinilai oleh dewan juri.

Dewan Juri APWI 2017 terdiri dari Elly Hutabarat (Ketua ASEANTA Indonesia/industri), H. Himawan Brahmantyo (Akademisi), Wahyu Indrasto (Majalah Eksekutif/ Media), Muh. Noer Sardono (Kementerian Pariwisata) dan Wahyu Aji (Komunitas) telah memilih 106 karya yang lolos seleksi tersebut kemudian menetapkan 5 nominasi pemenang.

Hermawan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY