INACA: Arus Mudik Tahun Ini Tumbuh 9,8 Persen

0
342

Jakarta, – Penyelenggaran mudik pada tahun ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), misalnya, menyebut kinerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sangat baik sehingga arus mudik berjalan lancar.

Atas kinerja tersebut, tepuk tangan anggota Komisi V menggema ketika mengadakan rapat dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pujian itu tak lalu membuat Budi Karya berpuas diri. Dia berjanji akan meningkatkan hal tersebut pada tahun depan.

Apresiasi yang sama juga disampaikan mitra Kemenhub yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA). Ketua Penerbangan Tidak Berjadwal INACA Denon Prawiraatmadja ketika dimintai keterangan mengatakan, pihaknya mengapresiasi Kemenhub dalam mengatur arus mudik Lebaran pada 2017.

Denon pun menyinggung secara khusus tentang arus mudik lewat angkutan udara. Pertumbuhannya pada tahun ini justru melebihi dari prediksi Kemenhub yakni 9,8 persen.

Catatan Budi Karya, penumpang pesawat udara pada musim mudik (H-10) dan arus balik (H+7) 2017 mencapai 5,31 juta orang. Jumlah ini naik 12,99 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 4,95 juta penumpang.

Peningkatan ini, kata Denon, menjadi salah satu indikator perekonomian masyarakat secara umum naik. Apalagi mereka mampu membeli tiket pesawat udara untuk pulang dan pergi.

“Kami melihatnya demikian. Dan kami mengapresiasi kinerja Kemenhub serta pihak-pihak terkait dalam menyukseskan arus mudik Lebaran tahun ini,” kata CEO Whitesky Aviation itu, Rabu (19/7).

Soal kesuksesan mudik Lebaran pada tahun ini, Budi Karya mengaku itu tidak terlepas dari kerja sama dari berbagai pihak. Semisal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kesehatan, serta kepolisian membuat masa mudik menjadi lancar.

Untuk menghargai mitranya yang telah turut serta membantu lancarnya arus mudik, Kemenhub memberi penghargaan dan apresiasi penyelenggaraan angkutan Lebaran 2017. Denon pun turut hadir dalam acara penghargaan yang diselenggarakan Kemenhub yang bertajuk “Mudik Bareng Guyub Rukun” itu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh pak Menteri. Kami akan terus berbenah membuat terobosan untuk meningkatkan layanan transportasi mudik ditahun depan,” Denon menambahkan.

Secara terpisah, Ketua Umum INACA Pahala Nugraha Mansury memberikan apresiasi yang serupa kepada Kemenhub. Pahala mendukung pendapat Budi Karya Sumadi kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini karena kerja sama semua pihak. Berbicara soal kelancaran transportasi udara pada saat musim mudik Lebaran, Pahala menilai dari sisi kelancaran penerbangan, jumlah penumpang serta ketepatan waktu semuanya berjalan baik.

“Saya rasa begitu. Banyak sekali koordinasi yang dilakukan oleh Kemenhub,” ujar Pahala.

Dari semua itu, Budi berjanji, pihaknya akan memikirkan berbagai terobosan untuk menangani mudik pada tahun-tahun selanjutnya. Pada saat yang sama, pemerintah juga berhasil menekan tingkat kecelakaan pada musim mudik kali ini. Angka kecelakaan menurun 14 persen dari tingkat kecelakaan 2016 yang mencapai 1.515. Apa yang dilakukan pemerintah pada tahun ini disebut sebagai terobosan baru.

Khairi Tsabit

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY