Ikuti Cara Ini Agar Tetap Produktif Selama Libur Lebaran

0
167

Infobisnis.id – Sebagai pekerja, sudah jadi kewajiban untuk tetap produktif. Apalagi Anda kan berniat naik jabatan tahun depan. Bila ingin punya karier yang baik, jangan sampai semangat kerja kendur dan jadi penilaian negatif dari atasan Anda. Untuk membantu agar tetap semangat kerja menjelang libur Lebaran, berikut ini trik yang harus dicoba:

Hindari teman yang malas

Rasa malas terkadang bisa menular. Biasanya menjelang libur panjang seperti sekarang banyak pekerja yang mulai ogah-ogahanmasuk kantor. Bisa jadi hal itu dialami oleh rekan kerja Anda sendiri.

Secara psikologis, rasa malas yang dialami rekan Anda tersebut bisa memengaruhi orang di sekitarnya, tak terkecuali Anda. Bila tidak ingin ikut-ikutan malas, coba hindari kontak dengan teman Anda tersebut untuk sementara waktu.

Bisa hindari percakapan yang biasanya jadi berlarut-larut dengan fokus bekerja. Bila perlu gunakan earphone sebagai peringatan bahwa Anda tidak ingin diganggu. Baca juga: 7 Menu Sahur dan Buka Puasa Murah Meriah Khusus Anak Rantau

Buat target jangka pendek

Pekerjaan masih banyak padahal hari libur sudah di depan mata memang bisa bikin semangat kendur. Untuk itu coba ringankan beban kerja dengan mengubah pekerjaan besar menjadi pekerjaan kecil-kecil yang ringan dan mudah diselesaikan.

Coba buat target jangka pendek, misalnya, dalam sehari kamu menyelesaikan beberapa pekerjaan kecil. Coba patuhi dan terapkan disiplin. Dengan demikian, pekerjaan yang semula banyak bisa berkurang drastis. Selain itu, dengan membuat diri sendiri sibuk, Anda akan lupa dengan liburan untuk sementara waktu.

Beri diri Anda reward

Untuk memacu semangat, coba beri diri sendiri reward bila berhasil menyelesaikan tugas sesuai jadwal. Misalnya sepatu baru, jam tangan atau hal-hal lain yang merupakan kesenangan Anda seperti makan di restoran favorit. Meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan, hadiah ini bisa menjadi memotivasi kerja bila rasa malas datang mengganggu.
Minta atasan membantu Anda

Bila Anda masih malas bekerja meskipun sudah melakukan tiga hal di atas, cara terakhir ini mungkin bisa membantu. Karena biasanya, orang yang bekerja di tengah pengawasan atasan akan lebih rajin. Nah, bila Anda tidak ingin pekerjaan semakin menumpuk dan ujung-ujungnya harus kerja keras setelah liburan panjang, coba minta bantuan dari atasan.

Utarakan permasalahannya yakni keinginan untuk tetap produktif menjelang libur panjang. Demi menjaga target, atasan pasti dengan senang hati membantu Anda untuk menjaga semangat kerja tetap tinggi. (viva/yad)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY