Ayo Pasarkan Produk UKM via Daring

0
1125

Infobisnis – Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kamar Dagang Industri Sulawesi Utara Ivanry Matu mengharapkan pelaku usaha mikro kecil menengah memanfaatkan teknologi dalam jaringan (daring) untuk memasarkan poduk.

“Saya harap pada tahun 2017, UMKM di Sulut dapat memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk,” kata Ivanry di Manado, Senin.

Ivanry mengatakan, sudah saatnya UMKM memanfaatkan aplikasi pemasaran dengan sarana “online” karena teknologi informai itu memberikan kemudahan yang sangat besar.

Memang, katanya, pada tahun 2017 pasti ada peluang dan tantangan di dunia usaha yang sangat dinamis, tetapi yang jelas plaku UMKM perlu mengikuti perkembangan teknologi digital.

“Artinya perubahan begitu cepat dalam dunia bisnis, kemungkinan akan ada banyak bisnis baru yang bermunculan, tetapi akan banyak juga yang tutup,” jelasnya.

Terpenting, katanya, UMKM harus memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis seiring dengan perilaku pasar yang mulai menggunakan “smartphone” dalam berbelanja.

Dia mencontohkan, salah satu hadirnya Gojek akan berdampak plus minus. Biosa bermakna plus bagi yang mau ikut perkembangan dan menyesuaikan, tapi akan jadi minus bagi yang tidak mau berubah.

“Tentu harapan kami, pelaku UMKM melek pada perilaku pasar digital dan memanfaatkan segala potensi yang menunjang pengembangan usaha,” katanya.

Edgar

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY